Cara Mengolah Bawang Dayak

Terdapat berbagai macam cara pengolahan yang dapat Anda lakukan untuk mengkonsumsi bawang dayak ini. Berbagai cara pengolahan ini akan memberikan manfaat yang tidak jauh berbeda, tinggal Anda sesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

  • Seduh dengan air

Cara Mengolah Bawang Dayak
Cara pengolahan yang pertama adalah dengan menyeduhnya di dalam air. Pertama-tama, irislah satu siung bawang dayak atau sekitar 30 gram. Setelah itu masukan ke dalam segelas air panas, aduk hingga merata, lalu minum.
Anda juga bisa merebus irisan bawang tersebut dengan air satu gelas. Namun pastikan Anda merebusnya dengan api yang kecil dan tidak boleh sampai mendidih. Pasalnya, berbagai senyawa aktif akan rusak jika dipanaskan hingga mendidih.
  • Serbuk
Cara lainnya adalah dengan menjadikannya serbuk agar lebih awet dan kandungan nutrisinya tidak berkurang. Caranya, cuci bersih beberapa siung bawang dayak lalu iris tipis sekitar 3mm. Setelah itu keringkan di dalam oven atau cukup angin-anginkan tanpa terkena sinar matahari langsung. Jika dianginkan, maka irisan tersebut biasanya akan kering dalam waktu 2 hingga 3 hari.
Setelah kering, gilinglah irisan tersebut hingga menjadi serbuk. Serbuk ini kemudian dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau diseduh dengan air panas. Namun ingat, jangan menyeduhnya dengan air panas yang mendidih agar khasiatnya tidak hilang.
  • Lalapan
Cara Mengolah Bawang Dayak
Jika Anda suka dengan sayuran mentah dan segar, maka bawang dayak ini juga bisa dijadikan lalapan untuk menemani makan Anda. Mengkonsumsi bawang segar juga lebih baik dibandingkan yang sudah dimasak karena nutrisinya masih utuh dan belum berkurang.
  • Manisan
Manisan juga menjadi cara lain yang bisa Anda coba untuk mengolah bawang sabrang. Caranya cukup mudah, pertama-tama iris cuci bawang dayak hingga bersih lalu potong dengan ketebalan 1-2 mm. setelah itu kukus irisan tersebut selama kurang lebih 5 menit.
Selanjutnya buatlah larutan gula dan air dengan perbandingan 1:1. Masukan irisan yang sudah dikukus ke dalam larutan gula tersebut lalu masak hingga kental dan terbentuk kristal gula. Jika sudah jadi, manisan tersebut dapat Anda konsumsi sebagai cemilan di waktu santai.
bawang dayak
jual badang dayak
Nah, itulah berbagai macam cara pengolahan dan khasiat bawang dayak alias bawang sabrang. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, maka disarankan untuk mengkonsumsi bawang dayak satu jam sebelum makan. Pasalnya dengan keadaan lambung yang kosong, maka proses penyerapan nutrisi di dalamnya menjadi lebih cepat.

0 comments:

Post a Comment